Dual SIM, Dual Phone atau Dual Gadget?

Jika Anda memerhatikan pasar smartphone saat ini, hampir semua smartphone yang dijual sudah memiliki fitur Dual SIM. Ini berarti Anda sebagai pengguna bisa memasukkan dua nomor kartu SIM di dalam satu perangkat. Ada yang bersifat hybrid atau kombinasi antara dua kartu SIM atau kartu SIM + kartu SD atau triple slot alias dua slot kartu SIM + slot kartu SD untuk menambah penyimpanan data.

Walaupun begitu, ada juga beberapa orang yang memilih untuk memiliki dua smartphone atas berbagai pertimbangan. Memang terkesan merepotkan namun pasti ada alasan bagi mereka untuk putuskan mengantongi dua smartphone sekaligus. Lalu, mana yang lebih baik? Mana yang setup yang terbaik untuk Anda? Di tulisan saya kali ini, saya akan berbagi macam-macam gadget/smartphone setup yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

One Phone, Dual SIM

One Phone Dual SIM atau OPDS adalah ketika Anda menggunakan satu ponsel dengan dua nomor kartu SIM aktif di dalamnya. Pengaturan OPDS sangat cocok bagi Anda yang memisahkan antara nomor utama dengan nomor sekunder tanpa harus memiliki dua smartphone sekaligus. Misalnya, Anda memiliki dua nomor. Satu nomor untuk keperluan bisnis atau urusan kantor dan satu nomor lagi untuk keperluan pribadi atau keluarga.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan pengaturan OPDS untuk memisahkan penggunaan paket internet yang berbeda operator dengan nomor kartu SIM utama yang terlanjut banyak dikenal oleh keluarga, teman atau rekan kerja. Terkadang, penawaran paket internet dari operator kartu SIM utama bisa lebih mahal atau bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumsi Internet Anda. Sehingga, Anda bisa memasang kartu perdana dari operator lain yang menawarkan paket Internet yang sesuai dengan kebutuhan dan disematkan pada slot kartu SIM ke-2.

Dual Phone, Dual SIM

Dual Phone Dual SIM atau DPDS dapat cocok Anda pilih jika Anda ingin memisahkan secara jelas antara smartphone yang digunakan untuk keperluan kerja/bisnis (work phone) dengan smartphone yang digunakan untuk keperluan pribadi atau hiburan (fun phone). Pengaturan ini tentu memberi keuntungan lebih karena secara fisik, Anda bisa meninggalkan ponsel Anda untuk membebaskan dari notifikasi WhatsApp, Slack atau aplikasi chatting lainnya yang membahas urusan kerja dan menggunakan ponsel fun phone selama akhir pekan.

Dual Phone, Triple SIM

Dual Phone Triple SIM atau DPTS merupakan kombinasi antara OPDS dan DPDS. Anda memisahkan secara fisik antara work phone dengan fun phone dan menggunakan tiga nomor kartu SIM sekaligus. Dua kartu SIM pada work phone (nomor utama + nomor internet) dan satu kartu SIM untuk fun phone yang biasanya menyediakan penawaran paket Internet yang lebih tertuju pada hiburan seperti paket streaming.

Phone & Tablet Setup

Phone & Tablet Setup dapat dipilih jika Anda ingin mencoba lebih produktif dalam tingkat mobilitas yang tinggi. Ponsel digunakan untuk berkomunikasi untuk semua urusan. Sementara itu, tablet digunakan untuk produktivitas urusan kantor di hari kerja dan menjadi alat konsumsi hiburan selama akhir pekan. Jika Anda menggunakan iPhone, disarankan Anda menggunakan iPad karena pertukaran informasi antara keduanya bisa lebih seamless dengan fitur Handoff. Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda bisa memilih tablet Android namun saya sarankan untuk menggunakan iPad karena ekosistem aplikasi tablet-nya lebih baik daripada Android.


Itukah beberapa macam pengaturan atau setup yang saya sarankan dapat Anda pilih. Saya sendiri menggunakan pengaturan Dual Phone, Dual SIM u

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.