Ada Intel Experience Store di Bandung Trade Mall

Nama Intel sudah tidak asing lagi di telinga kita. Intel sudah sangat dikenal sebagai pengembang dan produsen komponen prosessor untuk komputer di seluruh dunia. Tahukah Anda bahwa kini Intel pun mengembangkan berbagai perangkat lainnya yang bisa digunakan untuk kantor atau bisnis lainnya? Kali ini, saya berkesempatan untuk datang ke Intel Experience Store yang dikelola Fortech Solution di Bandung Trade Mall Lt. 2 untuk melihat dan mencoba beberapa produk Intel selain prosessor yang kita kenal.

Intel NUC

NUC atau Next-Unit Computing merupakan sebuah unit PC berukuran kecil dan kompak yang dirancang langsung oleh Intel. Ukurannya yang hanya 4×4 inci membuat perangkat ini bisa ditempatkan di mana saja termasuk disematkan di belakang layar. Konfigurasinya pun beragam mulai dari prosessor Intel Atom, Pentium hingga Intel Core series dengan daya yang sangat ringan yaitu hanya 6 Watt. Port yang tersedia pun cukup untuk kebutuhan kerja sehari-hari seperti USB 3.0, SD Card, VGA dan HDMI.

IMG_7534
Inilah penampakan Intel NUC yang memanfaatkan VESA mount pada monitor.

Di Indonesia sendiri, Intel NUC dipasarkan untuk beberapa pasar khusus seperti bisnis kecil-menengah, perkantoran hingga pendidikan. Khusus untuk pendidikan di Indonesia, Intel memasarkan NUC lengkap dengan berbagai solusi untuk ujian di sekolah seperti software untuk tryout UN, latihan ujian siswa dan latihan ujian kompetensi guru.

Berapakah harganya? Untuk NUC seri konfigurasi NUC5PPYH keluaran Q3 2015 yang ditenagai oleh prosessor Intel Celeron N3050 dengan RAM 4 GB dan SSD 120 GB, harganya dipatok di Rp 4.450.000.

Compute Stick

Selain Intel NUC, Intel juga memasarkan hardware yang lebih compact lagi yaitu Intel Compute Stick. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan pada April 2015 yang lalu. Terbilang sangat compact karena hanya seukuran bungkus permen karet dengan port HDMI pada salah satu ujungnya.

Intel_Stick

Dengan mencolok Compute Stick ke monitor manapun yang mendukung HDMI, secara langsung monitor tersebut menjadi satu PC penuh – tinggal dilengkapi dengan keyboard & mouse. Walaupun kecil, Intel Compute Stick juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows dan antivirus McAfee.

Soal harga, Compute Stick dibanderol lebih murah dari Intel NUC yaitu seharga Rp 2.350.000 dengan spesifikasi Intel Atom Z3735F/1.33 GHz, WiFi 802.11n dan Bluetooth 4.0. Salah satu macam solusi yang dipasarkan menggunakan Compute Stick adalah sebagai mading digital.

Genuino/Arduino 101 Set

Satu lagi produk yang ditawarkan oleh Intel di Indonesia adalah satu set perangkat Genuino atau lebih dikenal Arduino beserta berbagai sensor dan shield. Hal ini cukup unik karena sebelumnya Intel merilis berbagai solusi IoT seperti Intel Edison dan Intel Galileo sebelum akhirnya di-discontinue. Dan, Intel mulai mengadopsi platform Arduino sebagai bagian solusi IoT yang ditawarkan untuk makers dan siswa.

IMG_7517

Dalam satu set Genuino 101, terdapat satu Arduino board (yang dipercaya sebagai Arduino Uno), beberapa komponen sensor dan shield serta buku petunjuk untuk merakit dan mengembangkan board menjadi karya yang menarik. Bila dilihat dibungkusnya, nampaknya Arduino set ini dikhususkan bagi para siswa yang ingin mengoprek Arduino di tahap awal.


Bagi kalian di Bandung yang tertarik dengan produk-produk di atas, bisa aja langsung datang ke Intel Experience Store yang ada di Bandung Trade Mall (daerah Cicadas) Lt. 2. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply