Asiknya Staycation Edisi Ramadan di Best Western Premiere La Grande Bandung

Sebagai warga kota Bandung, serbuan wisatawan lokal dan mancanegara di setiap akhir pekan sudah menjadi pemandangan setiap hari. Seringkali saya merasa kesal, terutama dengan wisatawan lokal yang membawa kendaraan mereka ke Bandung membuat kota semakin macet saja – terutama di titik keramaian atau point of interest tertentu. Tentu, opini ini keluar karena saya mengambil sudut pandang sebagai warga lokal. Bagaimana jika saya menjadi “wisatawan” di kota sendiri?

Nah kali ini, saya putuskan untuk mencoba jadi “wisatawan” di kota sendiri dengan menginap di Best Western Premiere (BWP) La Grande. Berlokasi di seberang Bandung Indah Plaza – mall pertama di Bandung yang menjadi tempat tongkrongan wajib anak Bandung, lokasinya sangat strategis karena terletak di pusat kota Bandung dan banyak point of interest yang bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki.

Lokasinya Strategis Cuy!

Di sisi selatan hotel, ada Taman Sejarah Kota Bandung dan Taman Balai Kota yang selalu dipenuhi oleh banyak warga – utamanya anak-anak yang senang bermain dengan kolam gratis yang disediakan.

Lalu di sisi timur dengan menyebrangi Jalan Merdeka, kalian bisa mampir ke Bandung Indah Plaza (BIP) agar bisa merasakan jadi anak gaul Bandung kelas menengah. Banyak juga distro-distro baju buatan anak muda Bandung hadir di BIP. Jadi, gak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain.

Di sisi utara dan barat, ada Toko Buku Gramedia dan Bandung Electronic Center. Kedua tempat ini adalah tempat favorit saya sejak jaman SMP karena menyediakan dua benda favorit saya: buku dan gadget.

Ada apa di dalam kamar?

Kembali lagi ke BWP La Grande, hotel ini merupakan bagian dari Best Western International yang hotel-hotelnya sudah tersebar di seluruh dunia – termasuk di Indonesia. Untuk BWP La Grande sendiri, hotelnya dikategorikan sebagai hotel bintang empat. Setelah mendapatkan kunci kamar, saya langsung beranjak pergi ke lantai 11. Saya mendapatkan kamar Twin Bed Non Smoking dan kang Ade Truna menjadi roommate saya dalam “pelarian” kali ini.

IMG_6907
Interior kamar hotel. Terasa mewah dan nyaman. Tone warnanya pun cakep.

Setelah masuk, kamar hotelnya pun terasa nyaman. Kamar yang saya dapatkan memiliki jendela yang mengarah ke sisi utara. Sehingga pada jam-jam tertentu – terutama ketika matahari berada di sisi utara, ruangan kamar terasa overlight. Selain dua kasur, ada juga sofa, area kerja, TV dengan siaran kanal lokal & internasional dan lemari baju. Untuk kamar mandi, hanya tersedia shower, wastafel beserta kelengkapan dan water closet dengan pancuran terpisah. Harapan saya sih water closet bisa ada pancuran yang terintegrasi pada WC sehingga bisa langsung “goyang itik” setelah “bertapa”.

Untuk pencahayaan di malam hari sendiri, sepertinya pihak hotel ingin menghemat penggunaan cahaya sebisa mungkin dan tidak mengganggu langsung tamu yang bangun tidur (tidak ada direct light ke arah kasur). Sehingga, titik lampu yang tersedia hanya ada pada area masuk kamar dekat lemari, kamar mandi, lampu meja kerja, indirect lighting dekat area tidur dan lampu kamar di sudut dekat jendela.

Mau olahraga? Bisa!

Fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh tamu hotel antara lain fitness center, spa dan kolam renang. Alat olahraga yang tersedia di fitness center sendiri terbilang cukup bagi mereka yang ingin menyempatkan diri berolahraga beban atau cardio dengan treadmill.

 

Kolam renang yang tersedia terbilang semi-outdoor. Mengapa? Karena kolam renang ternaungi oleh langit-langit di atasnya namun tetap terbuka di sisi-sisi sampingnya. Jadi kalo hujan turun, mungkin agak sedikit tampias. Tapi tidak apa-apa, asik juga kan berenang sambil melihat hiruk-pihuk kota Bandung. Untuk ruang spa-nya sendiri tidak sempat saya coba.

Yang terbaik? Restorannya!

IMG_6645

Kebetulan saya “berlibur” di BWP La Grande bersamaan dengan bulan suci Ramadan. Parc de Ville Restaurant, yang terletak di lantai 3 BWP La Grande, menyediakan paket menu berbuka puasa atau iftar bagi umum seharga Rp128.000 nett per orang dan juga menu sahur bagi para tamu hotel. Sekalipun nama restorannya sangat Prancis, namun menu yang disajikannya pun sangat lokal. Apa saja sih yang disajikan di sana?

Menu buka puasa yang disajikan di restoran pada tahun ini menitikberatkan pada konsep menu Selera Nusantara dengan tema Blissful Ramadhan. Makanannya pun sangat beragam dan bahkan menunya pun berbeda-beda setiap harinya, menciptakan bulan suci yang penuh kebahagiaan. Kebahagiaan untuk menikmati masakan Nusantara langsung hanya di satu tempat.

 

Untuk sajian pembuka, disajikan racikan sayuran seperti karedok, salad tomat hingga salad kemangi. Ada juga aneka kudapan tradisional seperti cilok dan tahu gejrot. Untuk makanan yang berkuah, kali ini yang disajikan adalah empal gentong dan ini bukan sembarang empal gentong. Selidik punya selidik, ternyata head chef dari Parc de Ville Restaurant berasal dari Cirebon dan dia sangat ahli dalam meracik makanan khas Cirebon. Jadi, empal gentong yang saya nikmati di sini memiliki rasa yang sangat otentik – seperti menikmati empal gentong yang ada di kedai-kedai di Cirebon. Juara pokona mah!

IMG_6526
Empal Gentong Juara!

Satu lagi yang unik adalah disajikannya 34 macam sambal, belasan macam kerupuk dan hidangan pencuci mulut seperti gorengan yang sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia. Saya sempat menyicip satu persatu dari sambal-sambal yang disajikan. Dan satu simpulan saya: sambelnya LADAAA!! Di samping itu semua, berbagai aneka makanan prasmanan dan dessert juga tersedia khas Nusantara, baik untuk berbuka puasa maupun untuk sahur.

Verdict: Is it worth it?

Best Western Premiere La Grande menyediakan fasilitas kamar hotel dan berbagai amenities yang terbilang lengkap bagi tamu hotel yang ingin berlibur di kota Bandung. Lokasinya yang strategis di pusat kota Bandung dan mudah menjangkau beberapa titik keramaian di kota menjadi nilai tambah tersendiri. Sajian kuliner yang dihadirkan di Parc De Ville Restaurant pun sangat menarik, terutama menu Selera Nusantara. Tak hanya menarik bagi wisatawan lokal, namun juga bagi wisatawan mancanegara yang penasaran dengan citarasa masakan khas Nusantara.

Secara keseluruhan, saya memberi angka 8 dari 10 dan khusus untuk restorannya, saya beri angka 8,5 dari 10. Jika Anda ingin berlibur ke Bandung, saya rekomendasikan Anda untuk menginap di Best Western Premiere La Grande.

0 thoughts on “Asiknya Staycation Edisi Ramadan di Best Western Premiere La Grande Bandung

Leave a Reply