Firefox OS App Mockup – Ohdio

Firefox OS sudah dirilis ke publik pada awal Juli yang lalu. Hingga tulisan ini dibuat, baru dua perangkat yang ditenagai dengan Firefox OS beredar di pasaran yaitu ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire. Sayangnya, kedua perangkat tersebut belum beredar di Indonesia. Bila  ingin segera memiliki perangkat Firefox OS, sebenarnya pengguna dan pengembang bisa memesan ponsel pintar Keon atau Peak+ dari Geeksphone langsung dari situs webnya.

Saya sangat senang dengan kehadiran Firefox OS karena sistem operasi ini membuka kesempatan pengembang untuk membuat aplikasi dengan teknologi Web. Selain itu, hadirnya Firefox OS membuat ponsel pintar bisa ditekan harganya dan bisa dijangkau oleh siapapun. Sehingga, siapapun bisa menikmati keunggulan ponsel pintar dan mengganti featured phone miliknya tanpa merogok kocek yang dalam.

Saya tidak memiliki latar belakang sebagai seorang pengembang. Saya hanya seorang mahasiswa jurusan Arsitektur dan saya senang berkhayal akan sebuah rancangan yang baik serta tepat. Oleh karena itu, saya tertarik untuk membuat berbagai mockup tampilan antarmuka (user interface) dari sebuah aplikasi. Hobi ini sudah saya lakukan sejak SMA namun rata-rata hasil mockup yang telah dibuat tidak saya terbitkan.

Kali ini, saya ingin membuat mockup aplikasi Firefox OS dari berbagai aplikasi lokal maupun luar yang sudah beredar. Saya sudah membuat daftar aplikasi yang akan saya buatkan mockup-nya dan dalam beberapa minggu atau bulan, saya akan menerbitkan hasil mockup tersebut di blog.

Mockup aplikasi Firefox OS pertama yang saya buat adalah aplikasi Ohdio.fm.

Sekilas tentang Ohdio.fm

Screen Shot 2013-07-29 at 15.26.30

Kalo kata situsnya sih,

Ohdio.fm adalah situs radio online yang menyajikan daftar putar (playlist) sesuai dengan suasana hati kamu atau jenis musik yang kamu suka, yang diambil dari lagu-lagu Indonesia yang telah beredar baik secara fisik maupun digital.

Sebagai situs radio, Ohdio.fm TIDAK menyediakan album penuh dari satu artis maupun fitur untuk memilih lagu secara spesifik. Ohdio.fm juga TIDAK menyediakan fasilitas mengunduh (download) lagu.

Ohdio.fm khusus nyediain lagu-lagu Indonesia, karena masih banyak kok lagu Indonesia yang kamu pasti belum tahu dan ternyata enak buat didengerin. Dan kita pengen bikin site ini selalu simpel dan cepat.

Catatan: Saya tidak memiliki hubungan apapun dengan Ohdio.fm. Saya membuat mockup ini hanya untuk kesenangan diri saja. 😉

Mockup

Tampilan depan

Mockup_Ohdio_FirefoxOS_home

Tampilan depan yang saya hadirkan serupa dengan tampilan mobile web dari Ohdio.fm, hanya ada beberapa penyesuaian dan penambahan tab bar di bagian bawah. Di tab bar, terdapat 5 ikon: grid (home/featured playlist), playlist/daftar putar, player, profile & settings. Pada tampilan depan ini, pengguna bisa memutar langsung playlist ‘Ohdio Hits’ atau bisa memiliki daftar putar sesuai mood mereka.

Daftar putar

Mockup_Ohdio_FirefoxOS_playlist

Sama seperti tampilan depan, saya hadirkan tampilan yang serupa seperti pada mobile web dari Ohdio.fm dan ditambahkan beberapa penyesuaian agar menjadi aplikasi ‘native’ Firefox OS.

Player

Mockup_Ohdio_FirefoxOS_nowplaying

Tampilan ‘player’ yang dihadirkan serupa seperti ‘player’ yang dihadirkan di Ohdio.fm versi desktop. Saya suka tampilan ‘player’ ini karena berbentuk seperti card yang ditemukan di aplikasi resmi Twitter. Saya pun mengubah layout tombol kendalinya dan menambahkan dua elemen yaitu slider untuk volume dan tombol ‘Share‘ untuk membagikan informasi lagu ke media sosial.

Satu tanggapan untuk “Firefox OS App Mockup – Ohdio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s