Quick Review: HTC Windows Phone 8X dan 8S

Setelah merilis Windows 8 di Indonesia, Microsoft pun bersiap-siap untuk merilis sistem operasi mobile terbaru, Windows Phone 8. Pada hari Selasa kemarin, saya diundang oleh Microsoft Indonesia untuk menghadiri blogger gathering pre-launch di kantor mereka di bilangan SCBD Jakarta. Di sana, saya dan beberapa blogger, diperkenalkan dengan platform Windows 8 yang baru saja dirilis di Indonesia dan Windows Phone 8 beserta SDK-nya. Namun yang menarik di pertemuan kali ini, untuk pertama kalinya HTC memperkenalkan Windows Phone 8X dan 8S di Indonesia.

Head of Product Marketing HTC Indonesia, Samudro Seto, menjadi pemandu kami dalam perkenalan Windows Phone 8X dan 8S by HTC. Samudro menyebutkan bahwa 8X dan 8S merupakan satu-satunya varian produk Windows Phone yang menyematkan brand Windows Phone pada produknya.

Di dalam presentasinya pula, Samudro menjelaskan berbagai keunggulan dua ponsel pintar ini. Dari segi desain, HTC 8X dan 8S diilhami dari Tiles yang menjadi tampilan utama Windows Phone. Ketika saya mencoba menggunakannya, kedua ponsel ini sangat nyaman untuk digenggam terutama 8X karena menggunakan bahan polycarbonate. Sayangnya, 8S hanya menggunakan plastik berkualitas tinggi saja.

Perbedaan yang mencolok antara HTC 8X dan 8S adalah kamera depan, ukuran layar, microSD dan berat-ringannya dari ponsel itu sendiri. Kamera depan sebesar 2 megapixel hanya dibenamkan di HTC 8X. Yang paling keren dari kamera depan ini adalah dia mampu mengambil gambar hingga menjangkau 88 derajat dari hadapan kamera. Sehingga, kamu akan mendapati gambar lebih lebar dengan kamera depan. Kamera belakang yang dibenamkan di HTC 8X sebesar 8 megapixel dan 5 megapixel pada HTC 8S. Kedua kamera memiliki fitur autofocus dan f2.8 aperture sehingga sangat baik dalam mengambil gambar suasana kurang cahaya.

Layar yang dibenamkan pada 8X lebih lebar daripada yang dimiliki 8S. Windows Phone 8X memiliki layar 4.3 inci dan 8S sebesar 4 inci. Kapasitas ruang penyimpanan yang dimiliki 8X hanya 16 GB tetapi tidak dapat diperluas dengan microSD tambahan. Sementara itu, 8S hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 4 GB saja namun dapat diperluas dengan microSD. HTC 8X memiliki berat 130 gram dan diandalkan sebagai ponsel pintar yang paling ringan di dunia bahkan lebih ringan dari iPhone 5. Satu hal lagi dan layaknya pada seri HTC One, HTC 8X dan 8S pun dibenamkan fitur Beats Audio untuk menambah pengalaman mendengarkan musik

Saat sesi informal, saya sempat berbincang-bincang dengan Pak Samudro dari HTC bersama Wiku dari Trenologi. Pak Samudro menyebutkan bahwa kedua produk ini akan dirilis ke pasar Indonesia pada minggu ke-4 bulan November ini dan akan menggandeng Telkomsel serta XL sebagai partner penyediaan paket bundling.

Kesimpulan

Sejauh ini, Windows Phone 8X dan 8S by HTC merupakan smartphone dengan Windows Phone terbaik yang pernah ada dan pernah saya coba. Yang saya paling suka dari HTC 8X dan 8S adalah bentuknya yang sangat nyaman ketika digenggam dan kameranya yang luar biasa. Saya pun berharap bisa mencoba ponsel ini lebih lama dan mengupasnya lebih banyak lagi, semoga suatu saat saya diberi kesempatan itu. Walaupun begitu, saya sangat merekomendasikan kedua ponsel ini terutama Windows Phone 8X untuk Anda miliki.

Kedua ponsel ini menggunakan Windows Phone 8 dengan tampilan Windows 8 Style UI (nama baru dari Metro UI) yang sangat menyegarkan. Ditambah lagi, fitur Kid’s Corner yang memberi ruang bagi anak anda menggunakan ponsel tanpa mengganggu data kita dan Room yang memungkinkan kita mengirimkan pesan singkat gratis dan berbagi gambar hanya dengan kelompok orang yang kita kehendaki. Dua hal yang paling krusial dan hilang di Windows Phone 7.x seperti akses ke USSD code dan mengambil screenshot pun akhirnya muncul di Windows Phone 8.

Secara user experience, Windows Phone 8 lebih unggul dari Android. Walaupun sudah ada 150.000 aplikasi di Windows Phone 8 Store, ekosistem aplikasi harus terus dikembangkan. Hei, para developer, sudahkah kamu mengembangkan aplikasimu di platform Windows Phone 8?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s