25 Coffee and Kitchen, Tempat Asik Sarapan dan Ngopi di Bandung Timur

Untuk yang sering hangout atau nongkrong sekedar untuk menikmati kopi dan makanan ringan di Bandung, mungkin pikiran kalian akan langsung tertuju pada kedai atau kafe yang terletak di kawasan Dago, Ciumbuleuit, Progo, Riau atau kawasan lainnya yang terletak di pusat kota. Meskipun jaraknya agak jauh dari tempat tinggal atau lokasi kerja, terkadang Anda tetap mengusahakan diri untuk datang ke sana.Banyak faktor dan alasan mengapa Anda atau kebanyakan orang untuk nongkrong di kafe-kafe di kawasan tersebut. Suasana interiornya yang cozy, menu makanan dan minumannya yang unik dan bisa dibilang fancy atau ambience-nya sendiri sangat mendukung untuk bercengkrama dengan sahabat dan pasangan.

Namun, tak sedikit dari warga kota Bandung sekarang tinggal di kawasan Bandung Timur. Pergerakan transportasi dari kawasan Timur ke pusat kota sudah tidak dapat dihindari. Untuk yang hanya sekedar hangout atau ngopi di kedai di kawasan Dago saja, Anda harus menembus lalu lintas yang lumayan melelahkan. Mengapa tidak nongkrong di kafe atau tempat nongkrong yang masih dalam jangkauan di kawasan Bandung Timur? Salah satu kafe tersebut adalah 25 Coffee and Kitchen.

Lokasi

25 Coffee and Kitchen berlokasi di kawasan Arcamanik, tepatnya di Jalan Arcamanik Endah No. 25 (link Google Maps). Tempatnya sendiri merupakan hasil transformasi rumah tinggal menjadi sebuah kafe.

Secara garis besar, di dalamnya terbagi atas tiga jenis ruang yang bisa digunakan: ruang indoor, yang bisa digunakan untuk bercengkrama dan berdiskusi; ruang outdoor, yang bisa digunakan untuk nongkrong sambil menikmati angin sepoi-sepoi; dan ruang meeting di lantai dua yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti meeting kecil, arisan dan bridal shower berkapasitas 5-10 orang. Suasananya sangat bersahabat, baik untuk sarapan hingga makan malam Рjuga untuk pasangan, sahabat, pekerja remote, kalangan ibu-ibu, keluarga dewasa muda hingga keluarga besar. Kurang lebih, seperti inilah suasana di dalam 25 Coffee and Kitchen.

Kopi!

Sesuai yang tertulis pada namanya, kopi menjadi salah satu andalan di 25 Coffee and Kitchen. Di sini, kamu bisa memesan berbagai jenis minuman kopi seperti latte atau cappucinno atau bisa juga memesan kopi manual brew seperti teknik V60 atau Vietnam Drip. Kemarin, saya mencoba House Blend Vietnam Drip dan V60 dengan biji kopi Garut Natural.

IMG_8975
Vietnam Drip Coffee with Condensed Milk (Biji Kopi: House Blend)

Kesan pertama ketika saya mencoba keduanya adalah kopi yang disajikan serupa dengan apa yang bisa kita dapatkan di kedai-kedai kopi kekinian yang terletak di tengah kota. Khusus untuk V60 Garut Natural yang disajikan, terasa ada taste karamel, manis dan asam yang clear secara bersamaan. Tak tahu apakah lidah saya ini benar atau tidak karena tidak sempat saya samakan dengan tastenote yang sebenarnya.

Untuk minuman kopi panas dengan biji kopi House Blend, kamu bisa mencoba Latte atau Creme Brulee. Sementara bagi yang tidak suka kopi, bisa mencoba Hazelnut Moccacino Iced atau Iced Thai Tea. Keempatnya sangat saya rekomendasikan.

Menu Sarapan

Tak hanya minuman kopi, 25 Coffee and Kitchen juga memiliki berbagai menu sarapan yang cukup menarik dan biasanya hanya ditemukan di kafe-kafe di Bandung Utara. Beberapa menu sarapan yang citarasanya masih diingat di lidah saya adalah Pisang Bakar, Munchies Chicken Mushroom, Munchies Tuna, Rosemary Chicken Salad dan Fruit Salad with Mango & Yoghurt. Menu-menu tersebut merupakan menu sarapan yang saya rekomendasikan banget.

IMG_8957
Munchies Chicken Mushroom

Bagi yang ingin sekedar mengganjal saja, Pisang Bakar bisa jadi salah satu pilihan dan sangat cocok dipadukan dengan kopi panas single origin manual brew yang tersedia. Untuk yang senang dengan roti, Munchies Chicken Mushroom dan Munchies Tuna bisa menjadi pilihan utama dan kedua menu ini adalah andalan saya dari sekian menu yang direkomendasikan. Top pisan pokona mah! Roti dengan topi ayam jamur atau tuna lengkap dengan krim dan keju serta dipanggang di sisi atasnya. Sangat disarankan untuk segera dilahap selagi panas.

Ada juga alternatif menu sarapan terutama bagi yang senang sayur dan buah, bisa memilih Rosemary Chicken Salad dan Fruit Salad. Keduanya memilih citarasa yang khas, seperti wangi rosemary pada ayam panggang serta potongan buah segar dengan mangga dan plain yoghurt yang asam nan menyegarkan.

Menu Pilihan

Selain menu-menu di atas, ada juga berbagai pilihan menu main course, pasta dan pizza. Salah satu yang menjadi pilihan saya untuk main course adalah Nasi Goreng Iga. Itu yang namanya nasi goreng tuh, gurihnya iga meresap sampai ke nasi. Daging iganya juga enak dan mudah untuk dikunyah. Apalagi bila dipadukan dengan acar dan sambal matah, wah luar biasah! Ada juga Nasi Iga Bakar, dengan bumbu asam manis yang meresap hingga ke tulang.

IMG_8777
Nasi Goreng Iga

Untuk menu pasta dan pizza, saya sarankan kalian untuk memesan Aglio Olio Tuna. Rasa daging tuna dengan cabe rawit pedas lengkap dengan minyak zaitun pada pasta memberikan sensasi tersendiri. Saya sarankan untuk memesannya tanpa keju parmesan atau dipesan terpisah karena bila dipadukan langsung, pasta akan terasa lebih asin. Bagi yang suka pizza, ada juga Pizza 25 yang menjadi signature dari 25 Coffee and Kitchen.

Terakhir adalah minuman. Bagi yang tidak suka kopi atau teh, ada Lychee Mojito yang sangat menyegarkan lengkap dengan buah leci dan Mango Milky, yang memiliki tekstur seperti smoothies dengan rasa mangga yang lembut dan terasa ada susunya.

Verdict

Overall, 25 Coffee and Kitchen berhasil menghadirkan makanan dan minuman kekinian yang biasanya bisa dijumpai di kedai dan restoran di kawasan Bandung Utara atau Bandung Tengah ke kawasan Bandung Timur. Suasananya pun terasa lebih homy daripada kedai atau resto di Bandung Utara yang mengutamakan kesan getting away atau berlibur.

25 Coffee and Kitchen sangat direkomendasikan bagi kalian, para penduduk Bandung Timur, yang ingin menikmati makanan dan minuman asik tanpa perlu harus ke tengah kota, termasuk untuk para ibu-ibu yang ingin ngerumpi selepas mengantar anak sekolah, para remaja berkumpul bersama teman-teman atau para pekerja remote yang bekerja hanya mengandalkan koneksi Wi-Fi dan laptop. Dari segi suasana, saya bisa beri nilai 7/10 dan untuk segi makanan, saya bisa beri nilai 8/10.

Semoga ulasan saya dapat bermanfaat untuk Anda semua.

4 thoughts on “25 Coffee and Kitchen, Tempat Asik Sarapan dan Ngopi di Bandung Timur

Leave a Reply